THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 15 Maret 2009

moving class

Moving class? moving class adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang berada pada kelas yang berbeda di setiap mata pelajaran. Di Indonesia kini mulai banyak sekolah yang mengikuti hal tersebut. Labschool rawamangun contohnya, sekolah saya yang beberapa bulan lalu terbakar itu mulai menjalankan kegiatan moving class pada awal semester 2 ini, dikarenakan kelas-kelas yang hangus terbakar masih dalam tahap pembangunan ulang, murid-murid menjadi tidak punya kelas. Maka, untuk mengatasi hal tersebut labschool memilih moving class sebagai pemecah masalah. Awalnya banyak siswa dan para orang tua tidak mendukung rencana tersebut karena sebagian kelas berada jauh dari kelas yang lainnya. Kelas yang masih utuh pasca kebakaran adalah kelas yang berada pada lantai satu dan sebagian lantai dua. Kelas yang terbakar digantikan di ruang kosong yang berada di gedung TK, letaknya lumayan jauh dari gedung SMP.
Menurut saya, moving class memiliki beberapa kelemahan dan keuntungan.
Keuntungan dari moving class adalah:
1. guru akan lebih bisa menyiapkan materi pembelajaran dengan optimal, karena ruang kelas tersebut menjadi khusu untuk mata pelajaran tertentu.
2. kita menjadi lebih sehat karena berjalan pada saat menuju kelas yang selanjutnya.
3. kita menjadi tidak bosan karena suasana kelas yang itu-itu saja,.
4. kita bisa berpapasan dengan teman-teman kakak kelas ataupun adik kelas.
Kelemahan dari moving class adalah:
1. kecapekan karena berpindah-pindah. Apalagi kalau kelas yang kita tuju berada jauh dari kelas sebelumnya.
2. pemborosan waktu ketika sedang berjalan untuk moving.
3. ketika kita telah sampai ke kelas yang kita tuju, ternyata anak-anak yang berada di kelas tersebut masih belajar di dalam kelas, dan kita harus menunggu.
4. boros uang jajan, karena ketika kita capek, kita pasti jajan dulu.
5. barang yang kita bawa seperti buku-buku amat sangatberat. Seharusnya kita disediakan loker untuk menyimpan barang-barang.
6. sering terjadi barang yang tertinggal di kelas, dan berakibat hilang.
7. dan yang berkaitan dengan ujian nasional adalah kita menjadi tidak optimal dalam belajar. Kecapekan dalam fisik maupun mental. Kenyamanan pun menjadi faktornya.
Jadi, saya tidak mendukung diadakannya moving class ini karena lebih banyak kelemahannya dibanding dengan keuntungannya. Untungnya, untuk siswa yang akan menhadapi ujian nasional seperti kelas 9, di berikan keringanan yaitu di adakan moving class terbatas. artinya kita hanya berpindahan kelas untuk mata pelajaran tertentu misalnya seperti TIK, olahraga dan seni.

2 komentar:

FAHRUR ROZI mengatakan...

blognya bagus, salam kenal yaa.
Oia, kunjungin blog gw juga ya simi-simian.blogspot.com

TriePalarena mengatakan...

punya referensi buku tentang moving class ndak?
kalo punya saya dikasih referensinya,
terima kasih